Monday, May 27, 2013

Cara Membuat Bootable Windows 7 ke Flask Disk Tanpa Software

 Salam Anak Pasid
Buat agan yg pernah Inul Komputer pasti risih kalo DVD yg buat instalan windows nya rusak karena harus burn lagi. Memang sih sudah banyak postingan tentang Bootable Win 7ke FD tapi rata2 masi memakai software sebagai perantaranya. 
Nah kali ini saya akan bahas cara Bootable Windows 7 via Flash Disk tanpa software atau hanya dengan modal CMD.

Yang dibutuhkan:
~DVD Windows 7 ~FD min 4Gb
~Cara ini hanya bisa dilakukan under Windows Vista atau Windows 7. Jadi jika OS yang sedang Anda gunakan adalah Windows XP maka Agan tidak bisa melakukan cara ini.


Langkah-langkahnya:
1. Colokin FD 2. Buka Start-> All Programs -> Accessories, lalu klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run As Administrator (muncul windows UAC klik Yes) 3. Ketik DISK PART> Enter 4.  Ketik LIST DISK> Enter 5. Perhatikan letak FD agan ada di Disk nomor berapa (lihat dari besarnya kapasitas) 6.  Ketik CLEAN> Enter 7. Ketik CREATE PARTITION PRIMARY> Enter 8. Ketik SELECT PARTITION 1> Enter 9. Ketik ACTIVE> Enter 10. Ketik FORMAT FS=NTFS> Enter (Tunggu sampai proses format selesai 100%) 11. Ketik ASSIGN> Enter 12. Ketik EXIT> Enter (Setelah selesai Jangan tutup biarkan saja) 13. Siapkan File Windows 7 Agan (Jika dalam bentuk DVD masukkan ke DVD ROM, Jika dalam bentuk ISO segera mount dengan aplikasi virtual drive yang agan punya) 14. Perhatikan baik-baik direktori atau drive letter tempat file Installer Windows 7 tersebut 15. Kembali lagi ke CMD tadi. Sekarang masuk ke direktori tempat file Installer Windows 7 tersebut (misal ada di drive E). Jadi ketik E: lalu tekanEnter. 16. Ketik CD BOOT> Enter 17. Perhatikan baik-baik lokasi FD Agan. Contoh FD agan ada di drive I. Jadi ketikkan BOOTSECT /NT60 I: lalu tekan Enter (seumpama UFD Agan ada di K, maka perintah yang harus diketik adalah BOOTSECT /NT60 K:). 18. Copy semua file Windows 7 ke FD Agan. 19. Setting BIOS agar bisa booting ke FD (yg ini taulah). 20. Taraaa FD sekarang pun bisa digunakan untuk install ataupun repair Windows 7

0 comments

Post a Comment

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya
- Untuk mempermudah Blogwalking gunakan Name/Url, atau OpenID pada pilhan yang tersedia